BaPak…..

siang itu pas tepat hari jumat tanggal 15 agustus 2008, aq dapet sms dari mbakyu-ku, di sms-nya dy blg klo ntar sepulang kerja aq suruh cepet pulang…bapak lagi sakit…
dalem ati aq bilang…”iya ntar aq ta langsung pulang…?!”…cm emang ga ta bales tuh sms…krn pas kerjaanku banyak…sebenernya pas malem sebelum itu…aq berencana besok cm kerja setengah hari aja…kn ga pernah nyoba…tp pas besoknya kerjaan lumayan banyak jd ya…ga jadi wes…

sepulang kerja…pas habis check lock…aq ke gerbang mo nunggu mbak anik…temen kantor yg mo ke mlg pake motor…pengen nebeng aja sekalian aq yg nyetir…
aq ngobrol ma tukang ojek…trus tiba2 ada sms dari sodaraku…yg buat badanku kaku dalam sekejap…ati ini jd ancur ga karuan….
“yung…cepet muleh…bapakmu sedo…Arif”
Wuihh…aq bener2 ga percaya…aq ga tau mo ngapain…aq cm blg Innalillahi wa inna ilaihi rojiun…Astagfirullah….berkali2 aq nyebut nama Allah biar bs nguatin aq…
Aq telfon mbakyu-ku…just wanna confirm bout this…pas di angkat…cm terdengar suara tangis dan mbak blg…”yung…bapak yung….bapak wes sedo…?!”…awakmu ati2 yo mulihe…?!’…tuuut…tuut…di tutuplah telfon oleh mbakyu-ku….

Temen kantorku yg kebetulan mo ambil duit di ATM…liat aq dan nanya ke aq…”ono opo zal…?”….aq cm blg dgn datar…”bapakku sedo mas…?”
Dy terkejut termasuk tukang ojek di sebelahku…”yang sabar ya mas…?!”…itulah yg mrk ucapkan ke aq sambil njabat tanganku…dalam ati aq blg…”Isyaallah..aq bakal sabar…?!”…pada waktu itu yg terpikir di benakku…adalah gmn caranya aq bs cepet plg…aq pengen liat almarhum bapak utk terakhir kali…aq pengen mencium keningnya yg sebelumnya ga pernah aq lakuin semasa idupnya…aq pengen memeluknya yg dulu aq pernah malu utk ngelakuinnya…. Ya Allah..betapa besar dosaku pada bapakku….?!

Dengan kondisiku wkt itu…klo aq naek bus….bkl lama nyampeknya…dgn byk kemungkinan yg bkl aq hadapi dgn nunggu penumpanglah…macetlah…ahh…aq harus cepet pulang…!akhirnya aq putuskan tetep nebeng mbak anik naek motor…satu hal yg harus aq lakuin adalah…aq harus kuat dlm perjalanan ini…aq hrs fokus…aq hrs nata hati ini…soalnya aq mbonceng org laen…aq hrs sabar….

Mbak anik pun datang…trus qta berangkat…di perjalanan aq critain kondisiku…mbak anik kuatir tp syukurlah aq bs menyakinkannya dy klo aq baek2 aja..aq hanya pengen pulang cepet dan selamat….ga ada obrolan sama sekali di perjalanan…aq kuatkan ati-ku…tp tetep aja pas di daerah purwodadi…ga nyadar air mata ini ga bs aq bendung…aq nangis…berkali-kali terlintas senyum bapakku di mataku…pandanganku mulai ga jelas tertutup oleh kumpulan air kesedihan dan penyesalan….di mataku….aq tersadar…aq harus tetep jalan…fokus…aq usap air mataku…dan kembali jelaslah pandanganku…

Dan sampailah aq di rumah…setelah ngucapin terima kasihku ma mbak anik…aq lgsng jalan menuju rumah yg udah rame sanak sodara…saat berjalan itulah…aq berkata dlm ati…aq hrs terlihat kuat di depan ibu…ibu-lah yg paling kehilangan saat itu…aq ga boleh nangis di depan ibu…aq ngelewati byk org yg memandangiku dgn tatapan sayu…seolah berkata padaku…”yg sabar yah…?”

“Asallamualaikum…?!”aq msk rmh…nyoba nyari ibuku yg ada di ruang tengah….aq taruh barang2ku…aq melihat ibuku….aq datangi beliau dgn perlahan…aq cium tangannya…aq dekatkan wajahku ke telianganya…sambil kupeluk ibuku…ibuku menangis…dan aq ga bs berkata apa2..yg aq tau aq ga blh menangis di depan beliau….hanya atu yg terucap…”udah ya bu…yg sabar yah…?”

Aq bangkit dari simpuhku….aq menuju..jenazah bapakku yg udah ga bergerak sama sekali…aq singkap tirai yg ada di depanku…dan aq melihat bapak di sana…terlihat seolah hanya tidur seperti biasanya aq liat semasa idupnya…di samping bapak da mas-ku yg udah lama hanya diam dn melihat wajah bapak….ga kuat aq berdiri…dn akhirnya jatuhlah lututku di lantai…ga kuasa aq menahan tangisku…pas aq cium kening bapakku…wajah beliau yg penuh guratan2 perjuangan idup menyibakkan karakter tersendiri…yg bkl selalu aq kenang…sesaat aq termangu dgn kesedihan dn tangisku hingga mas-ku bertanya…”rur…wes sholat magrib ta..?cpt ganti baju…sholat yah…?!aq cm bs mengangguk…dn aq bangkit..ga lupa aq hapus air mataku…jgn sampe ibu liat…

Aq menuju kamarku di atas…aq duduk di kasurku dan aq menangis sejadi-jadinya….byk sekali planning yg pengen aq lakuin bwt keluarga ini…bwt nyenengin bapak ma ibu…menghajikan mereka…permintaan maaf-ku yg blm sempat tersampaikan manambah sesal di atiku….ya Allah….ampunilah dosaku ya Allah…?!

Belum sempat aq ganti baju…Tiba2 aq di panggil…aq turun dn ternyata saatnya memandikan jenazah bapak….persiapan memandikan udah siap dan aq di bantu ma mas-ku dn om-ku…kami memandikan bapak…aq pandangi wajahnya sekali lagi…mataku berkaca-kaca…aq siramkan air itu dgn perlahan ke tubuh beliau…aq bersihkan kakinya…ya Allah…harusnya aq bs memberikan kasih sayang pada bapak seperti saat ini semasa hidupnya…bersihin kakinya…mengelus rambutnya…menunjukkan bahwa aq benar2 sayang pada beliau….

Selese dimandikan…jenazah bapak langsung di kafani…dan di bacakan tahlil ma sanak sodara…aq buru2 menunaikan kewajibanku pada Allah…Tuhan semesta alam….

Bada Isya’…sebelum di sholati di mesjid deket rumah…jenazah di taruh di semacam, keranda biar mudah untuk mangangkatnya…dan beberapa perwakilan takmir mesjid dn sodara memberikan beberapa patah kata untuk mengenang almarhum bapak…dan meminta maaf klo almarhum pernah punya salah semasa idupnya….

Setelah itu jenazah di bawa ke mesjid…aq berjalan di belakang sama mas-ku ga jauh dari aq…km sholat jenazah berjamaah…”Alhamdulillah banyak sekali yg menyolati bapak…smg beliau mendapat tempat yg baek nantinya…”batinku berkata itu ketika aq tengok sekilas barisan shaf di belakangku….

Malam itu jg jenazah di makamkan….kira2 jam setengah delapan…lokasi uda disiapkan…aq liat kuburan itu…aq ma mas-ku masuk ke dalam kubur …aq liat di sekelilingku…gelap dan dingin sekali…sesekali aq liat air mengalir dari dinding tanah itu…”Ya Allah…inikah tempat pembaringan terakhir manusia?sempit…dalam…dingin…sepi…cm amalan baik semasa iduplah yg bs meluaskannya…menghangatkannya…meramaikannya dgn keindahan taman surgawi…”dan saat Adzan di kumandangkan oleh mas-ku…sekali lagi aq ga bs mbendung air mata ini…terasa sakit di dada…saat mencoba tegar tp suasana hati berkata lain….

Usai sudah proses pemakaman almarhum bapak…sanak sodara udah berangsur-angsur balik ke rumah…hanya beberapa org aja yg msh tertinggal si lokasi pemakaman…salah satunya mas-ku…aq ga tau sapa yg ngajak duluan…yg jelas kami jalan bareng menuju rumah…aq agak lupa apa yg di omongin mas-ku ini tp pada intinya….inilah saatnya qta berjuang…mengusahakan yg terbaek yg qta bisa..agar bapak bangga nantinya…saatnya meneruskan tali silahturahmi bapak…apa yg baek yg bapak pernah lahuin…harus bs di teruskan oleh anak2nya…itu bs jd kiriman doa bwt bapak…bs membahagiakan bapak di alam sana…

Keluarga dari jauh terus berdatangan…memberi support dan doa pada kami…saat itulah aq ngerti…knp qta di anjurkan untuk sering silahturahmi…krn bkl selalu ada yg menemani ketika sepi melanda selain dari rahmat Allah yg selalu tercurah…

Beberapa hari kemudian…aq berdoa bwt bapak…terselip sebuah penyesalan yg dalam…bahwa aq blm sempat meminta maaf ke bapak…di tiap sholatku…perasaanku itu muncul…

Aq tidur di samping ibuku…ingin menemani beliau sepeninggal bapak…jam 02.30an aq terbangun…aq cb tdr lg kq ga bisa yah…aq bangun trus ke ruang tengah…aq duduk di sofa…ga berkata-kata cm diam dn merenung aja…ga nyadar aq tertidur..mimpi…boncengan ma bapak…dn pd saat aq nyadar itu adalah bapak…aq lgsng memegang tangannya dn bilang…”pak…sepurane sing akeh yo pak…?!”…dn bapak hanya tersenyum dgn khasnya aja…aq terbangun…wkt kira2 20 menit mendekati subuh…aq duduk sebentar…dn perasaan tenang menyelimuti batinku…aq berdiri…ambil air wudhu…sholat…mencurahkan apa yg barusan aq alami ma Allah…

Dan ketika Allah berkehendak…ga ada satupun yg bs menangguhkan…apalagi mengingkari…saat itu aq bener2 ngerasa akan kebesaran Allah…aq ngerasa….sangat kecil…di banding kekuasaannya atas takdir ini…

Aq nyadar bkl banyak yg berubah setelah semua ini terjadi…beberapa planning harus aq sesuaikan…di pending ato bahkan di cancel…aq blm tau kyk apa ntar…yp pasti…aq hrs bs belajar dn melakukan banyak hal tanpa kehadiran bapak di sampingku…entah knp…aq tetep bs ngerasain kedekatan bapak di atiku mpek skrg…
Aq harus bs kuat…sabar ngejalanin ini semua…krn ini termasuk jg amanah…Allah pasti punya rahasia dn hikmah di balik tiap cobaan yg di terima hambanya…

Ampunilah dosa bapakku ya Allah…berikan tempat yg baek di sisiMu…kuatkan aq dn keluargaku ini terutama ibuku…biar bs sabar melalui ini semua…Amin…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: