Pembelajaran…

It just another phase…

yup, fase itu baru aja selesai… dan masih banyak fase lain yang menunggu di depan sana… eee… kayaknya di pojokan deh… bukan… bukan… di ujung gang itu… ahh.. yang jelas… masih terbuka kesempatan lain untuk memantapkan diri belajar menjadi PEMIMPIN…

oh iya perlu diberitahukan bahwasannya… tim yg saya pimpim kalah dalam suatu kompetisi di kantor… benar-benar menyedihkan dan terpukul…

ada satu kalimat yg selalu terngiang di benak saya… “harusnya bisa lebih baik neh…!”

dalam penunjukan awal untuk jadi pemimpin tim, saya ndak terlalu yakin saya bisa mengembannya… tapi saya bilang… “saya akan berusaha…”

proses-nya, woooh… susah !

menyisihkan waktu untuk meeting dan koordinasi…

membuat analisa tentang tema yang di usung… 

memikirkan kemana arah tim ini dibawa…

sampai menelaah lebih jauh tentang karakter masing-masing personil dalam tim…

Proses itu berlanjut… dan saya ikuti satu persatu…
dan tidak tertinggal juga bagaimana pihak luar memberi masukan atau mungkin kasarannya mengintimidasi tim ini hingga drop secara psikologinya…

Ok. saya dan tim telah melewatinya dengan hasil kalah di peringkat ke 7.

Hari ini saya mengucapkan terima kasih karena telah di beri kesempatan untuk memimpin mereka, dan permintaan sedalam-dalamnya karena tidak bisa membawa tim ini menuju kemenangan yang di damba…

untuk mengucapkan itu membuat saya susah tidur semalam… hehehhe….

hingga tiba-tiba terbesit di benak saya, bahwa kekalahan ini tidak terlalu menyakitkan seperti yang saya duga sebelumnya… at least ada learn somethings disitu… like :

  • jangan sombong sama apa yg di punyai… seperti pendidikan yg tinggi… intensitas berorganisasi yg lebih banyak… atau merasa lebih pintar dari yang lain…
  • nama tim yang bermakna positif…
  • selalu koordinasi dengan orang-orang yang lebih paham..
  • tau kemana dan apa tujuan akhirnya…

yah, itu sedikit dari pelajaran dari pengalaman yang bisa saya dapat dari sekitar 4 bulanan menjadi pemimpin dari tim ini…

tidak sabar menantikan kesempatan menjadi pemimpin lagi… dan saat ini adalah waktu yang tepat untuk memimpin diri sendiri…

“tiap saat kita akan bertemu dengan kekalahan dan kemenangan, itu adalah pilihan, dan ada pelajaran dalam tiap pilihan itu, tidak ada yang perlu di sesali”


 

Leave a Reply

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

