PasPor Part 2

Inilah pertemuan kedua saya dengan Imigrasi.  Saya ndak bawa terlalu banyak dokumen, cuma bawa tanda trima permohonan paspor yang saya jelaskan di part 1 kapan hari.  tapi ben lebih enak, kayak gini neh tanda trimanya….

Saya datang sama seperti sebelumnya, pagi sekitar jam 07.30 pas hari selasa. posisinya kantor uda buka tapi beberapa loket belum buka, masih siap2.
setelah tanya ke pak Satpam, selembar kertas tanda trima ini langsung aja taruh di loket 6. Disitu ada wadah warna merah dan ada paku ditengahnya, langsung coblosin aja tanda trimanya kesitu. terus nunggu dipanggil.

jadi sebuah pengalaman, banyak orang bilang antrinya lama, iya seh.. kalo datengnya baru jam 9 yah bakal antri lama… saya dateng jam segitu pas kantor baru buka bisa dapet nomer antri 3, malah sebelumnya nomer 1…

nah, setelah di cek sama petugasnya, saya dapet tanda terima lagi tapi sudah dilengkapi sama barcode dan nomer permohonan…
saya disuruh ke customer service untuk dapet nomer antrian ke loket selanjutnya yaitu kasir atau loket pembayaran…

Kasir terletak di loket nomer 2, disitu pas saya dipanggil disuruh bayar Rp 255.000,-
yang baru saya tau dari bacaan di dinding kalo Rp 200.000 untuk bayar buku paspornya, nah… yang Rp 55.000,- itu ndak tau saya buat apa, tapi kemungkinan buat foto dan wawancaranya yang menjadi urutan alur selanjutnya.

Setelah di acc oleh ibu-ibu di kasir, saya lanjut menuju ruang foto dan wawancara yang berada di bagian belakang kantor atau di deket area parkiran motor…

karena belum buka, jadinya saya nunggu dulu… duduk-duduk… nelfon dosen lanjut ke nelfon calon istri… he he he …
terus ada peraturan mengenai tata cara foto yang baru saya tau dan ndak tau ini berlaku keseluruhan atau ndak… yg jelas saya ndak boleh pake kacamata pas foto…

nah loh.. ndak boleh pake wig tuh… ! siapa yg botak ??!!! trima aja yah…. *kok jadi curhat ya… haaahookkkk…*
dan satu lagi ternyata kode-kode huruf yang ada di nomer antrian itu ada artinya loh… check this out…

P itu buat PERMOHONAN
K itu buat PEMBAYARAN
F itu buat FOTO BIOMETRIK
M itu buat PENGAMBILAN

jadi, tinggal perhatiin aja kodenya bisa lebih memudahkan juga, dan layar di atas adalah untuk mengetahui status nomer antrian kita dan posisi loket yg lagi aktif dan ndak aktif…

dan tibalah saya di ambil fotonya…! inilah yg petugas lakukan kepada saya…

  • “rapikan dulu rambutnya mas…?!” baiklah akan saya rapikan meski saya tau tampil berantakan itu masih seksi kok… ha ah ha…
  • “tolong kacamatanya di lepas…?!” oke nevermind, saya masih menarik meski tanpa kacamata…
  • “itu jaketnya dipake atau ndak…?!” mhhmmm ini bukan jaket pak… cardigan… ini cardigan… dan IYA, saya pake aja pak.. ben makin keren…
  • “yak sudah.. silahkan scan sidik jari…?!” semua jari saya di scan sidik jarinya… di masukin ke komputer beserta foto cakep saya… hii hiiihiiii…
  • “ok, silahkan nunggu panggilan wawancara…?! baik pak….

selama proses scan sidik jari, ditanya2i sedikit sama petugas mulai dari tinggal di mana sampe kerja dimana… jawablah dengan jujur dan cool seperti yang saya lakukan… ha ha ha ….

nunggu sambil ngobrol dengan antrian yang lain itu mempesona kawan… !
jadi tau kalo di samping saya ada anak muda mahasiswa UB – HI yang mau backpacker sama temen2nya akhir agustus ntar ke tiga negara di asia tenggara dengan biaya tiket pesawat PP Rp 1.000.000,-….!!! dan biaya hidup selama 10 hari Rp 2.000.000,-…!!! cukup murah untuk 3 negara dan selama 10 hari…!
atau dengan bapak yang mau ngurus paspor karena mau menjalankan ibadah UMROH ke tanah suci… Alhamdulillah… ahh… saya juga pengen pak…! baru tau juga kalo sampe februari 2013 jatah umroh negara ini yaitu Indonesia udah FULL…! keren ya…  bapak ini ternyata Guru Matematika di SMP 6 Malang…

akhirnya nama saya di panggil untuk wawancara…
pada intinya, hanya mencocokkan data yang ada dan sedikit bertanya tentang kegiatan saya dan tujuannya apa bikin paspornya….
setelah itu, mbaknya bilang, “ok mas, kembali lagi senin minggu depan ya… siang.. antara jam 13.00 sampai 15.00… sambil bawa tanda trima yang udah lengkap ini untuk ngambil paspornya ?!
dan saya bilang, “OK deh kaka… makasih ya….?!”

Saya lihat jam, masih menunjukan jam 09.10
sekitar 1,5 jam saya disini… ndak terlalu lama seperti yang saya bayangkan…
saatnya ngantor lagi…

OK. sampai bertemu di part selanjutnya yah… 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: