No Plagiat

Beberapa tahun yang lalu saya denger di radio salah satu lagunya Dewa klo ndak salah yg berjudul “angin”, intronya mengingatkan saya pada salah satu lagunya Queen Rolling Stone yg saya ndak tau judulnya.. Satisfaction …..he he he… tp emang mirip banget…!

Kala itu langsung saya ill feel sama tuh band… ! dengan alasan “Plagiat”

Dikemudian hari, ketika proses bermusik saya berjalan kembali…. saya merasa ada perubahan dalam penilaian saya tentang plagiat….

Sebelumnya saya sering sekali dengerin lagu orang lain meskipun kadang milih-milih seh… he he he… dan pas mau nyiptain lagu sendiri sekilas hasil jadinya bakal mirip sama lagu yang saya dengerin tadi… lalu saya mikir… apa ini plagiat yah…?!

menurut saya seh, itu adalah improvement.  Plagiat itu nurut saya kalau sama persis dengan aslinya atau sebagian besar sama dengan aslinya.  

Kadang sebuah nada yang sama pada chord yang sama pada sebuah lagu bila dirubah dikit temponya atau cara ngenjreng-nya sampai di improve melodi-nya dikit malah bisa jadi lagu yang baru lho…. saya pernah buktikan sendiri… he he he… dan menurut saya itu cool… !

i’ve been more than two month did not enter into music studio, i miss it…!
even my wife give her permission but its still hard to stay away from her for a while ha ha ha…
soon… i want to create more songs… i want to play my music !

so… see you ?!


yg pake topi biru itu aku pas prom nite SMA : )

 

2 thoughts on “No Plagiat

Add yours

Leave a Reply

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

