8 Prinsip Sistem Manajemen Mutu

Awal yang bagus bagi saya di pertengahan tahun 2014 ini. Saya jadi bersyukur bisa di tempatkan di perusahaan yang sedang berkembang, baru bersiap – siap mengepakkan sayap untuk bisa belajar “terbang”. Saya belajar mulai dari nol dalam hal manajemen dengan menjadi bagian penting keikutsertaan perusahaan di persiapan sertifikasi ISO 9001 : 2008.

Sumber gambar : http://www.anneahira.com
Sedikit yang akan saya bagikan kali ini adalah 8 prinsip sistem manajemen mutu dalam suatu perusahaan. Saya berterima kasih kepada konsultan ISO di perusahaan tempat saya bekerja, Bapak Ir. Matheus Nugroho, MP. Karena dari hasil training beliau lah, saya dapat ilmu ini. 

Berikut ini prinsip-prinsip manajemen mutu yang dapat di gunakan oleh top manajemen untuk memimpin organisasi atau perusahaan dalam memberbaiki kinerja-nya.

FOKUS KEPADA PELANGGAN
Suatu organisasi atau perusahaan apapun selalu bergantung kepada pelanggannya dan oleh karena itu memahami dan berusaha keras dalam melebihi harapan pelanggan sangat di perlukan untuk mencapai kepuasan pelayanan.

  • Memahami secara menyeluruh keinginan dan pengharapan pelanggan
  • Menyeimbangkan keinginan pelanggan dan pihak lain yang berkepentingan
  • Mengkomunikasikan keinginan dan pengharapan tersebut kepada organisasi atau perusahaan.
  • Mengukur kepuasan pelanggan dan segera mengambil tindakan atas hasil yang di dapatkan
  • Membina hubungan yang baik dengan pelanggan


KEPEMIMPINAN

Pemimpin itu menetapkan kesatuan tujuan dan arahan suatu organisasi. Mereka harus bisa menciptakan dan memelihara lingkungan internal dimana karyawan dapat terlibat secara penuh untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

  • Proaktif dalam memimpin dengan memberikan contoh nyata
  • Memahami dan merespon perubahan di lingkungan eksternal
  • Menetapkan visi yang jelas mengenai masa depan organisasi atau perusahaan
  • Menetapkan nilai-nilai kebersamaan dan etika
  • Membangun kepercayaan, menghilangkan kecemasan, jujur, dan komunikasi secara terbuka
  • Memberikan inspirasi, mendorong dan mengakui kontribusi
  • Mendidik, melatih dan membimbing karyawan
  • Menentukan tujuan dan melaksanakan strategi


KETERLIBATAN ORANG (KARYAWAN)

Karyawan adalah aset dan merupakan inti dari organisasi atau perusahaan, keterlibatan mereka secara penuh dapat digunakan untuk mencapai tujuan yang di inginkan perusahaan.

  • Menerima tanggung jawab untuk berusaha memecahkan permasalahan yang dihadapi
  • Proaktif dalam mencari kesempatan untuk melakukan perbaikan
  • Meningkatkan pengetahuan dan kompetensi
  • Berbagi pengetahuan dan pengalaman secara bebas
  • Fokus pada penciptaan nilai tambah kepada pelanggan
  • Inovatif dan kreatif untuk mencapai tujuan organisasi
  • Mendapatkan kepuasan dari pekerjaan
  • Antusias dan bangga menjadi bagian dari organisasi atau perusahaan


PENDEKATAN PROSES

Hasil yang diinginkan dapat dicapai dengan lebih efektif dan efisien, jika sumber daya dan aktifitas yang saling terkait di kelola sebagai sebuah proses

  • Menentukan proses
  • Mengidentifikasi dan menentukan input dan output
  • Mengindentifikasi pelanggan dan pemasok baik itu internal maupun eksternal
  • Mengidentifikasi penghubung dari fungsi-fungsi yang ada
  • Mengevaluasi resiko yang mungkin terjadi dan konsekuensi atas proses-proses di fungsi yang saling terkait
  • Menentukan tanggung jawab dan wewenang dari pengelolaan proses


PENDEKATAN SISTEM TERHADAP MANAJEMEN

Mengidentifikasi, memahami, dan mengelola sistem dari proses-proses yang saling terkait dengan menetapkan sasaran untuk memperbaiki efisiensi dan efektifitas suatu organisasi atau perusahaan

  • Menentukan sistem dengan mengidentifikasi atau mengembangkan proses-proses yang mempengaruhi sasaran yang telah di tentukan
  • Menetapkan sistem untuk mencapai sasaran dengan sangat efektif dan efisien
  • Memahami keterkaitan antar proses
  • Memperbaiki sistem secara terus menerus dengan pengukuran dan evaluasi
  • Menetapkan sumber daya yang menghambat sebelum bertindak


PERBAIKAN YANG BERKESINAMBUNGAN

Evaluasi dalam setiap keluhan dari pelanggan secara berkelanjutan di benahi, ketidak sempurnaan terus dilakukan perbaikan yang secara langsung akan berimbas kepada kepuasan pelanggan

  • Menetapkan peningkatan terus menerus sebagai sasaran bagi semua orang
  • Perbaikan dengan peningkatan dan menciptakan terobosan baru
  • Secara periodik membandingkan dengan kriteria yang di harapkan untuk identifikasi perbaikan
  • Secara terus menerus memperbaiki efisiensi dan efektifitas proses
  • Melaksanakan pencegahan terhadap potensi timbulnya permasalahan
  • Melatih semua karyawan mengenai metode  dan alat untuk melakukan peningkatan
  • Menyediakan pengukuran dan sasaran untuk memandu dan melacak perbaikan


PENDEKATAN FAKTA PADA PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Pengambilan keputusan yang didasarkan dari fakta yang ada dapat mengurangi terjadinya konflik antar personal maupun departemen dan pendekatan ini sangat di perlukan dalam suatu organisasi atau perusahaan

  • Mengumpulkan data yang relevan
  • Memastikan bahwa data tersebut akurat, mencukupi, dapat diambil dan dipertanggungjawabkan
  • Melakukan analisa data dan informasi dengan menggunakan metode yang valid
  • Memahami teknik statistik
  • Menyeimbangkan analisa logis dengan pengalaman dan intuisi dalam mengambil suatu keputusan


HUBUNGAN YANG SALING MENGUNTUNGKAN DENGAN PEMASOK

Organisasi atau perusahaan dan pemasok sangat bergantung satu dengan yang lainnya dan hubungan saling menguntungkan dapat digunakan merekan untuk dapat menciptakan nilai tambah

  • Indentifikasi dan seleksi pemasok
  • Menyeimbangkan keuntungan jangka pendek dan pertimbangan jangka panjang
  • Komunikasi terbuka dan jelas
  • Bekerjasama untuk mengembangkan dan memperbaiki produk dan proses
  • Bekerjasama untuk memahami keinginan pelanggan
  • Berbagi informasi dan rencana di masa yang akan datang
  • Mengakui perbaikan dan prestasi pemasok


Semoga dari 8 prinsip sistem manajemen mutu di atas dapat bermanfaat dalam meningkatkan mutu manajemen suatu organisasi atau perusahan yang sedang kita jalani atau pimpin. Sampai jumpa di lain kesempatan.



Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: