Semua Suka Bersih [#2]

Tiba-tiba saya terbangun, langsung melihat ponsel. Tampak waktu tepat pukul 01.35 dini hari. “Mel… Mel… udah bangun ?” tanya saya. Dari luar kamar terdengar suara sahutan dari tante nya Kanya yang artinya dia sudah bangun dan bersiap berangkat ke radio untuk siaran sahur tiap hari Selasa. Saya bangunkan juga istri saya agar menyiapkan keperluan yang mungkin di butuhkan adiknya itu. Tampaknya dia tinggal berangkat saja. Saya dan istri mengantarkannya sampai pagar sampai dia berangkat. Kanya masih terlelap.

Melihat jam masih sekitar 01.47 dini hari. Sekalian saja menyiapkan untuk sahur. Di sela-sela mengiris sosis jadi kecil-kecil, muncul obrolan mengenai wacana rencana lebaran ke Yogyakarta. Lalu saya coba cek tiket kereta api secara online, ternyata masih tersedia. Mulai deh hitung-hitungan. Ternyata lumayan juga biayanya. Berkembang lagi menjadi, kalau naik kendaraan sendiri. Mungkin bisa menekan biaya, agar bisa di alokasikan kepada hal lain. Terbesit sekitar tahun kemarin, kami bertiga jalan-jalan pakai kendaraan sendiri ke pulau Madura, tepatnya ke kediaman pemilik blog boemiraya. Mungkin sementara ini kami pakai opsi ini.

Sekitar 20 menit menuju imsak, saya mulai sahur. Istri sudah sahur duluan ketika saya sholat, sambil baca buku dia duduk di samping sambil mencoba mendekatkan punggungnya, berharap di pijat.

Sebagai catatan kita semua, janganlah menemui bantal atau guling ketika menunggu imsak karena besar kemungkinan akan tertidur. Seperti yang saya alami pagi ini.

Kanya mulai beraktifitas hari ini. Di perjalanan dia bilang, “Annya… Annya… ndak mau cekolah…”. Oke, hal seperti ini yang membuat saya trenyuh. Apalagi catatan dari rapor nya Sabtu kemarin tertulis kalau Kanya agak pendiam dan butuh dukungan agar tumbuh rasa percaya dirinya. Pikir istri saya, mungkin dia introvert seperti Bapaknya. Pikir saya, kalaupun Kanya pendiam, introvert, atau kurang percaya diri dalam materi tertentu, tapi selama dia tetap terbuka dan nyaman bersama orang tua nya itu tidak menjadi masalah bagi saya.

Saya alihkan perhatian Kanya, agar dia terhibur dan saya tidak terlalu trenyuh. Tidak terasa sudah sampai dan kami berdua berpamitan untuk sementara. Saya lihat waktu di jam tangan sudah 07.32 tepat. Saatnya sedikit meningkatkan kecepatan.

07.58 sampai di tempat kerja. Bel. Lalu di lanjut dengan pengarahan. Duduk. Buka email dan langsung merasa, sepertinya akan sedikit ada masalah hari ini. Mesin yang rencana akan dikirim hari ini sejumlah 2 unit terancam tidak bisa terkirim karena kendala kualitas. Kami berusaha, namun sampai pengiriman dilakukan, hanya 1 unit yang diperbolehkan oleh quality control. Ada apa dengan semua ini ?

Hujan deras mengguyur. Sangat deras sampai saya merasa baju ini agak sedikit basah karena ada atap yang bocor saat di area produksi. Alhamdulillah ketika pulang kerja, hujan sudah reda, namun macet justru yang tidak terelakkan.

IMG_20151106_144311Pulang tepat pada saat adzan magrib berkumandang. Waktunya berbuka. Kanya memeluk tangan saya mulai dari teras sampai masuk rumah hanya untuk memperlihatkan mainan barunya yang di belikan oleh Bunda. Minuman dingin sudah di sediakan istri. Saya teguk perlahan. Sedikit berbincang tentang pikiran yang sedang mondar-mandir di pikiran istri saya. Hingga dapat di simpulkan ternyata, “hampir semua orang suka bersih, tapi tidak semua orang suka bersih-bersih”

Ketika teraweh tiba, kami mulai bersiap. Kali ini Kanya tidak mau ikut sholat. Saya biarkan. Paling tidak dia melihat Bapak dan bunda nya sholat berjamaah saja, semoga itu bisa tertanam di memori nya hingga menjadi acuan yang baik buat dirinya kelak.

Saya makan setelah teraweh. Kebiasaan ini sepertinya lebih cocok dengan kondisi perut saya yang tergolong obesitas. Kali ini sehabis makan, saya tidak ingin bertemu dengan bantal atau pun guling untuk sementara. Terbukti itu tidak baik untuk kesehatan. Saya buat gerak lalu belajar menulis di blog.

Hari ini cukup unik. Beberapa kali emosi saya sempat tersulut di lokasi kerja, saya juga terlena dengan mata yang sedang kantuk hingga lalai dalam sholat, saya juga bisa ambil hikmah dari tiap pembicaraan dengan istri.

Saya akhiri tulisan kali ini di saat Kanya sedang asyik melihat power rangers  di youtube dan istri sedang tertawa aneh sendiri melihat running man episode 301. Semoga hari esok lebih baik dari pada hari ini. Meskipun apa yang akan terjadi di kantor besok sudah bisa saya prediksi, tapi rencana Allah Swt siapa yang tahu.

Sepertinya belum bisa berhenti sampai di sini. Ketika semua baru saja tertidur. Kanya terbangun pukul 22.26 malam. Menangis entah kenapa, batuk, lalu muntah. Saya mulai terpancing amarah. Nada bicara tinggi. Sambil membersihkan mulut dan baju Kanya, otak ini mengajak saya untuk berbincang tentang logika, tentang efek yang mungkin terjadi kepada anak bila saya dan istri membentak-bentak. Apa yang akan terjadi pada kejiwaan anak saya nantinya. Sampai, apa sebenarnya yang membuat kami marah ? muntahnya, tangisannya, tidak patuhnya terhadap nasehat kami ataukah karena kami saja yang terlampau capek bekerja, rasa kantuk yang berat, hingga banyaknya permasalahan di pikiran kami masing-masing.

Kanya mencoba memejamkan mata di temani Bundanya setelah ganti baju, diberi penghangat badan, dan minum susu di botol. Saya membersihkan baju kena noda muntah di kamar mandi, sambil masih meneruskan perbincangan itu.

Saya keluar kamar mandi dan langsung melihat sosok kecil lucu itu tertidur pulas. Di selimuti sarung lama saya yang penuh kenangan. Perbincangan saya telah usai. Saya menghampiri Kanya dan perlahan mencium pipi bakpao nya.

Selesai membuang sampah. Saya terdiam. Lalu meneruskan mencuci motor dan mobil malam-malam. Istri itu senang nya bukan main kalau saya membersihkan mobilnya. Mungkin karena semua orang suka kebersihan, namun tidak semua orang suka bersih-bersih. Dan begitulah malam ini bisa di akhiri.

Leave a Reply

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

