Tentang Berbagi Tugas [#1]

Alhamdulillah, syukur kepada Allah SWT masih di beri kesempatan bertemu kembali dengan bulan Ramadhan dan melakukan ibadah puasa ini. Seperti baru minggu kemarin saya dan keluarga kecil juga bertemu Ramadhan, padahal sudah tahun lalu. Ahh… Waktu itu sungguh mudah membuat kita terlena…! Kali ini suasana cukup banyak yang berbeda, mulai dari baru saja pindah rumah, Kanya yang menjelang umut 3 tahun (lagi asyik-asyiknya masa threenager yang bisa dibaca di blog istri saya disini), dan kami yang sedang berikhtiar buat anak kedua (Amin… Asyek…)

Menu sahur kali ini adalah Soto Ayam kiriman dari Ibu tercinta. Kanya masih terlelap. Istri sambil koreksi tugas murid-murid yang maaf saya tidak bisa berbuat banyak untuk membantunya karena semua pakai huruf braille. Sambil makan, saya masih saja tidak terima dengan banyaknya chanel tv, namun tidak ada yang pas buat menemani sahur. Akhirnya pasrah pada acara talk show, tapi tidak paham isinya.

Kanya libur hari ini, membuat kami merencanakan untuk membawanya ke kantor istri lalu saya izin kerja setengah hari sehingga siang hari bisa pulang untuk menjemputnya. Sepertinya rencana akan berjalan lancar.

IMG_20160607_061126Pukul 12.15 saya berangkat menuju kantor istri dari tempat kerja. Sesampainya di sana saya cek ponsel dan ada pesan dari istri, “Kanya masih tidur. Aku mau ke pasar bentoel sebentar.” Oke. Saya pun sudah merasa bahwa “sebentar” nya seorang istri apalagi ke “pasar” itu yang bermakna “sangat lama”. Saya sampai ter kantuk di ruang tunggu kantor sampai dari kejauhan ada yang memanggil, “Hai… Suamiku….!”

Lega…

Kanya ternyata masih tertidur, saya pun masih menunggu. Baru pukul 14.00 saya pulang bersama Kanya pakai motor sesuai yang diminta anaknya. Sampai di rumah, Kanya langsung buang hajat, yang ternyata banyak sekali. “Gedebuuuk…!”, suara ketika hajat itu di buang.

Istri pulang dan langsung mengajak diskusi mengenai ridho orang tua atau ridho Allah Swt yang perlu di utamakan. Lumayan lama diskusi kami itu sampai Kanya sudah menghabiskan satu season tayangan Power Ranger Dino Charge di Youtube pakai ponsel Bapaknya. Hampir lupa kalau istri mau menyiapkan hidangan buka puasa dan saya yang bawa handuk dari tadi berniat untuk mandi.

Buka puasa telah tiba. Belum sempat buat minum, tiba-tiba adzan berkumandang. Buka kulkas. Ada teh instan yang dingin buat membatalkan puasa. Alhamdulillah. Kami mencoba untuk tidak langsung makan berat. Makan camilan saja dulu.

Waktunya teraweh bersama. Kanya saya suruh bantu menyiapkan tempat buat sholat. Memang ada kesepakatan sama istri di 15 hari awal puasa ini mau teraweh di rumah saja bersama anak dan istri, baru setelah itu saya teraweh di masjid. Waktu itu yang biasanya jumlah saf mulai berkurang di masjid. Kanya semangat sekali pakai mukena nya. Ketika sholat dimulai, ia menemukan ponsel bundanya. Akhirnya duduk manis di samping bapaknya sampai selesainya sholat. Anak jaman sekarang.

Makan malam mulai di siapkan. Terima kasih kepada adik ipar yang baru dari Madiun dan membawa ayam goreng yang enak. Kanya, Saya dan Istri makan bersama di meja belajar kecil yang penuh kenangan di depan televisi.

Habis makan. Mata ini mulai terasa berat. Kanya juga mulai mengantuk. Tiba-tiba tante nya kanya sang penyiar radio Elfara datang. Ia mau menginap karena besok dini hari ada siaran sahur di radio yang letaknya tidak jauh dari rumah kami. Tante nya ini sosok yang “antagonis” tapi di rindu kan bagi Kanya. Jadi, Kanya yang ngantuk bertemu dengan tante antagonis, suasana mulai “memanas”. Akhirnya kami harus melerai mereka berdua.

Puasa perdana ini penuh berkah, ada pembagian tugas, diskusi hingga melerai sepasang manusia beda generasi yang saling berseteru. Kami tertidur dalam damai dan niat untuk ibadah puasa esok hari.

Leave a Reply

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

