Permainan Baru Kanya [#14]

Hari minggu ini cuaca tampak tidak bersahabat. Hujan terus menerus mulai pagi. Sepertinya adalah waktu yang tepat untuk kembali berselimut untuk tidur atau untuk berkembang biak. Niat untuk menjemur selimut, sarung, dan kasur yang bau pesing karena ompolnya Kanya kali ini tiada berguna. Bahkan ketika sekitar jam 10 siang saya mau keluar bertemu dengan seorang teman sempat tertunda karena hujan yang deras. Rasanya jadi malas buat melakukan apa-apa. Saya lihat Kanya dan Bundanya yang baru fit badannya juga sama seperti yang saya rasakan, malas untuk melakukan apa-apa.

Ketika melihat Kanya seperti itu dan mulai sering rewel karena ingin bermain ponsel, saya jadi ingat pernah membaca suatu artikel pada blog Diari Mami Ubii tentang beberapa macam permainan yang termasuk metode Montessori yang bisa di lakukan di rumah. Saya ingin mencobanya.

Saya lalu pergi ke dapur untuk mencari beberapa perlengkapan, seperti : nampan, teko plastik yang di isi air secukupnya, dan dua buah gelas plastik. Saya taruh di meja kecil tidak jauh dari Kanya yang sedang bermain ponsel.

Kanya mulai melirik apa yang sedang saya lakukan.

“Ayo Kanya..! Coba tuang air yang ada di teko ini ke dalam kedua gelas ini…”, ajak saya sambil memberi contoh.

Sepertinya Kanya tertarik karena langsung bangun dan coba menghampiri saya. Saya persilahkan Kanya untuk mencobanya. Awalnya sempat tumpah sedikit, namun percobaan di gelas kedua sudah cukup bagus. Kanya ingin terus di ulang. Saya berhasil.

Istri mulai tertarik juga dan mulai membuka tas-tas nya yang dulu, ternyata ia sempat menyiapkan peralatan memasak mainan buat Kanya. Akhirnya dia ingat dan akhirnya digunakan juga setelah sekian lama terpendam.

Sayang momen ini tidak sempat terpikir untuk di dokumentasi kan. Kami terlalu antusias dalam bermain. Lain kali saya ingin mencoba yang metode lainnya. Ini adalah permainan yang sangat sederhana, tapi cara ini memberikan kepercayaan dan penghargaan kepada anak untuk bisa melakukan segalanya sendiri.

Leave a Reply

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

