Memahami Sudut Pandang [#17]

Salah satu hal yang terindah dalam hidup ini adalah ketika melihat Orang Tua kita bahagia dan mengetahui bahwa kita adalah alasan dibalik kebahagiaan itu.

Saya mengambil kata-kata itu dari sebuah quote berbahasa inggris ketika tiba-tiba saja saya teringat orang tua saya. Bapak saya yang sudah meninggal tahun 2008 yang lalu selalu menciptakan kenangan yang tidak ingin saya lupakan, Ibu saya Alhamdulillah masih sehat dan penuh dengan cerita yang tahun ini InsyaAllah akan berangkat sendiri naik haji ke tanah suci.

Setelah Bapak meninggal, sekarang tinggal bagaimana cara membahagiakan Ibu. Pikir saya kala itu. Hanya saja sampai sekarang saya merasa masih belum mampu untuk melakukan itu semua. Paling tidak untuk menemani beliau berangkat Haji.

Ketika melihat Kanya, saya melihat saya sendiri di mata Ibu saya. Betapa kadang mempunyai sudut pandang yang berbeda. Kanya yang suka bermain, memanjat apa saja yang bisa di panjat, hingga menangis tidak jelas penyebabnya dengan saya yang senang melihat kelucuan itu, menemaninya ketika mulai menjurus kepada hal-hal yang bisa membahayakan dirinya, hingga selalu mendoakan untuk kebaikannya di setiap kesempatan. Itu juga yang dilakukan orang tua saya terhadap saya.

Sekarang saya telah menjadi orang tua bagi Kanya. Sosok kecil yang mulai cerewet dalam berbagai hal dan tidak pernah berhenti berlari untuk bisa di tangkap Bapaknya. Perbedaan sudut pandang dalam melakukan sesuatu yang bermakna “sayang” antara anak dan orang tua akan kami temui suatu saat nanti. Memang berpotensi masalah.

Namun ketika masa itu tiba, semoga tidak akan mengubah apa pun tentang rasa cinta antara kami. Seperti yang saya rasakan terhadap orang tua saya saat ini. Mencoba memahami tiap sudut pandang dalam berbagai sisi dan menghilangkan ego yang selama ini ada di dalam hati adalah cara untuk merasakan kebahagiaan di sisa waktu yang kami miliki. Mungkin sedikit sama dengan kecintaan Kanya terhadap lipstik Bundanya.

IMG_20160622_071539

Leave a Reply

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

